Posted by: jljia79gracias | November 6, 2008

Bagaimana Anda tahu Anda sedang mencintai?

Bagaimana Saudara tahu Saudara telah Jatuh Cinta

– Dawson McAllister

1.      Aku ingin dicintai

Apakah cinta itu?

Dalam kehidupan sehari-hari kita terlalu sering mendengar informasi-informasi yang salah tentang cinta dan seks. Iklan dan hiburan, misalnya, tidak mengajarkan tentang kasih yang tulus dan sebuah komitmen. Kata cinta (love) sering digunakan dg arti sebatas suka, senang, atau sekedar menikmati. Akibatnya arti cinta yg sebenarnya menjadi kabur dengan adanya emosi dan berbagai macam kata-kata yg membingungkan yg menyerupai rasa cinta. Tetapi cinta sejati tidak dapat diukur dari kata-kata dan emosi belaka. Masalah terbesar adalah bahwa setiap hari, orang-orang yg bingung akan cinta ini merasa terluka dan hdpnya menjadi kacau.

Banyak kaum muda mencari cinta sejati, tetapi hanya mendapat imitasi yg murah. Banyak yg berpikir cinta adalah suatu perasaan yg dapat datang dan pergi sewaktu-waktu. Banyak yang tidak tahu, bahwa Allah menciptakan cinta. Jadi hal terbaik bagi kita utk menemukan cinta sejati adalah belajar dari Allah.

Cinta bukan ketertarikan fisik, itu kerja hormon. Jika ada seseorang yg mau mendengarkan dan memahami kita, itu pun bukan cinta. Itu kebaikan hati. Jika kita merasa cocok bersama seseorang, itu adalah simpati. Hubungan seks itu tidak sama dg cinta, itu hanyalah dua orang amatir yg coba-coba main api yg besar.

Intinya adalah: Ketika kita tidak mengerti cinta sejati, seperti yg Allah kehendaki, kita akan menjadi bingung dan mungkin terluka, dan sadar dapat mengalami akibat yang menyakitkan.

 

2.      Cinta Sejati: Bagian dari sebuah teka-teki

Allah tidak ingin kita menjadi bingung ttg cinta. Dia akan selalu membimbing kita ke jalan yg benar apabila kita mau. Ingat—Allah adalah pencipta cinta. Seringkali kita mengartikan cinta kasih Allah yang besar itu terlalu dangkal. Cinta kasih Allah ini merupakan kunci dari hdp  yg berarti. Hal ini sangat penting sehingga Ia ingin kita mempraktekannya melalui cara kita memperlakukan org-org yg hdp di sekitar kita, termasuk teman kencan Saudara.

 

Dirancang Untuk Sebuah Hubungan

Allah sepenuhnya mengerti tentang cinta. Dia yg menciptakan kita, bukan? Tidak ada suatupun yg Dia tidak tahu ttg diri kita. Dia tahu kebutuhan emosi kita utk mencintai dan dicintai. Allah telah merancang kita utk mengadakan hub dg org lain. Tetapi hubungan-hubungan ini tdk dapat memenuhi kebutuhan emosional kita, kecuali bila kita sdh membuat prioritas yg benar.

Jika prioritas kita mengikuti rencana Allah, maka hubungan terutama dlm hdp kita adalah dg Dia. Dia hrs menjadi pribadi yg terpenting dlm hdp kita, bukan pacar kita.

 

Masih banyak yg hrs dipelajari

Baca 1 Kor 13:4-8a ttg apa sebenarnya yg dilakukan dan tidak dilakukan oleh kasih.

Banyak yg hrs dipelajari. Allah tidak berkata hal ini mudah. Tetapi ini adalah standarNya yg harus kita capai, cermin utk melihat bagaimana kita tlh membina hub kita selama ini.

Dalam konteks berpacaran berarti memperlakukan pasangan saudara dg rasa hormat  dan pengertian, memilih utk melakukan  yg terbaik bagi pasangan saudara, berarti pula tidak pernah bermaksud utk melakukan suatu hal yg akan menyakiti hati pasangan saudara, sekarang maupun di masa yg akan datang. Cinta adalah sebuah tindakan yg didasari atas rasa hormat dan saling pengertian kepada pasangannya.

Menyadari diri kita benar-benar jatuh cinta adalah seperti menyatukan bagian dari sebuah tekateki. Teka teki cinta ini tidak mungkin menjadi sempurna tanpa Yesus Kristus berada di tengah-tengahnya. Saudara harus yakin akan hal ini. Saat saudara menyerahkan hdp berpacaran saudara, kehidupan seksual saudara, dan kehidupan cinta saudara kepada Allah, Dia akan mengambil alih semuanya, dan membuat Saudara makin dekat dg Kristus. Tidak seorangpun yg lbh mengerti ttg cinta selain Yesus sendiri. Ia mati di kayu salib karena cinta…. Yoh 15:12-13.

 

3.      Mempercayakan kehidupan cintamu pada Allah

Saya akan tahu, bahwa saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… Saya menyerahkan hidup berpacaran dan rencana pernikahan saya sepenuhnya pada Allah.”

Pengertian kita ttg cinta menjadi kacau sebagian krn emosi, suatu kekuatan besar dlm kehidupan kita yg nyata, bukan hanya ilusi atau khayalan saja. Allah memberikan kita emosi krn Dia mencintai kita dan ingin kita dapat menikmati perasaan ini. Tetapi perasaan-perasaan ini dapat menipu dan membuat kita menjadi org-org tolol. Itu sebabnya Allah ingin kita berhati-hati. Ams 4:23.

 

Tujuan Utama Allah

Tujuan utama Allah dalam kehidupan berpacaran adalah supaya kita mengijinkan Allah berkuasa sepenuhnya, menyerahkan seluruh kehidupan berpacaran dan rencana pernikahan kita kepadaNya. Mudah utk membiarkan pengalaman kencan dan impian ttg perkawinan menguasai hdp saudara, tetapi hanya ada sedikit tempat bagi Allah dan petunjuk-petunjukNy a dalam hati dan pikiran saudara. Allah ingin kita merelakan Allah menguasai seluruh pikiran dan kemauan kita.

Tujuan utama kita bukanlah memiliki kehidupan cinta yg baik, melainkan utk mencintai Tuhan sepenuh hati. Dia tidak ingin hanya menjadi sebagian dari hdp saudara—Dia ingin menjadi seluruh hdp saudara. Mat 6:33.

 

Mengisi Kekosongan di Hati Saudara

Allah menciptakan kita dg kebutuhan emosional dan spiritual yg dalam. Sayangnya manusia cenderung berusaha utk memenuhi kebutuhan ini dg benda2 atau dg berhub dg org lain spt pacar. Tetapi pacar saudara tidak dapat memenuhi kebutuhan saudara yg terdalam. Jangan jadikan pacar kita menjadi berhala dlm hdp kita. Pacar saudara tidak diciptakan utk mengambil alih posisi Allah dlm hdp saudara. Saudara tidak boleh terlalu berharap pada org lain utk melakukan apa yg hanya dpt diperbuat oleh Tuhan Yesus saja. Jadi Yesus adalah jawaban atas segala kebutuhan saudara. Jangan menuntut org lain memenuhi kebutuhan emosi dan spiritual/mengisi kekosongan hati yg hanya dpt diisi oleh Allah saja.

Kita dapat dg mudah menjadi panik, lalu mulai percaya bahwa Allah tidak akan memberikan kita pasangan yg benar dan sesuai. Kita menjadi benar-benar kuatir dan berpikir bahwa Allah sudah melupakan kita, namun kita hrs yakin akan firman Tuhan: Rom 8:28. Jadi ingatlah bahwa Allah ingin saudara bahagia dan tercukupi. Dan apabila Allah menghendaki saudara mempunyai pacar, maka PASTI Dia ingin supaya saudara menikmatinya. Yer 29:11. Biarkanlah Sang Perencana itu menguasai kehidupan saudara, termasuk kehidupan cinta saudara.

 

Kesombongan

Hati-hati terhadap kesombongan, sikap yg terlalu mementingkan diri sendiri, merasa jauh lebih baik dari org lain. Rasa sombong sepertinya kita tidak membutuhkan Dia. Org yg sombong tidak menyadari ketergantungan mereka kepada Allah. Mereka lupa bahwa dunia dan segala sesuatunya adalah pemberian Allah. Lepas dari Allah kita tdk mempunyai apapun, kita tidak berarti. Ams 16:18-19.

Ketika Kristus disalibkan, Dia ditempatkan pada ujian terbesar dan terakhir. Di salib kasih Kristus yg besar bertatap muka dg kebejatan dosa dan kebencian manusia, namun Yesus tetap mengasihi kita dg rendah hati dan rela. Kita hrs mengikuti teladanNya (Filipi 2:5-8), memusatkan perhatian kita pada diriNya, bukan kepada pacar kita. Ibr. 12:2

Kita akan mengalami masa-masa yg sukar dan hubungan yg sulit, terutama pada awal pacaran. Masa-masa ini akan menguji kemampuan kita utk dpt mengasihi dg cara Allah. Salah satu bagian teka teki yg hrs ada adalah mempercayai Allah sepenuhnya dlm kehidupan cinta kita.

Dlm suatu hub pasti ada konflik (ujian kasih) di sanalah juga ujian kerendahan hati sebab biasanya kita cenderung ‘sombong’ atau merasa lebih benar, lebih baik dari org lain, itu sebabnya kita hrs meneladani Kristus.

 

4.      Berpacaran Menurut Kehendak Allah

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… Saya berkencan dengan seseorang yang Allah kehendaki”

Jika kita org Kristen, Allah tidak ingin saudara berpacaran dengan seseorang yg bukan Kristen. 2 Kor 6:14-15. Allah ingin saudara mentaati perintahNya demi kebaikan saudara sendiri.

 

Bagian Yang Sulit  Dalam Teka-teki Cinta

Krn Allah sangat mencintai kita, Dia ingin kita memusatkan perhatian dan energi kita utk mengasihiNya. Allah itu bijaksana, Dia tahu bahwa pacar yg bukan Kristen tidak akan dapat membuat saudara memusatkan perhatian kepadaNya. Gaya hidup org yang bukan Kristen sangat berbeda dengan gaya hidup anak-anak Allah. Hal ini bukan berarti penulis tidak menyukai atau membenci mereka yg bukan Kristen. Maksudnya adalah, pandangan org Kristen ttg cinta jauh berbeda dg pandangan non Kristen. Pandangan Kristen berdasar dari Alkitab, bahwa cinta berasal dari Allah, sebab Allah adalah kasih. 1 Yoh 4:7-8. Org yg bukan Kristen tidak mempunyai Kasih Yesus jadi bagaimana mungkin ia bisa mengasihi Saudara dg kasih Allah? Tanpa kasih Allah org itu tidak mampu memberikan cinta spt yg Allah kehendaki.

Titus 3:3 menjelaskan ttg hati dan pikiran org-org yg belum percaya. Mereka disebut tidak taat, budak dari berbagai nafsu tubuh. Ini bukanlah suatu gambaran yg indah ttg seseorang yg akan menjadi teman seumur hidup.

Yg aneh, walaupun Allah sudah memperingatkan berkali-kali, banyak muda-mudi yg coba menguji Firman Tuhan dan mengambil resiko utk berpacaran dg non Kristen. Mereka tidak sadar bahwa suatu hubungan pacaran dapat membentuk suatu ikatan emosional. Suatu ikatan yg kuat sering membentuk suatu keinginan yg kuat utk membahagiakan pasangannya dg cara menerima, bahkan meniru apa yg diperbuat, cara berpikir dan cara menanggapi suatu hal.

Bagaimana dg ”Pacaran Penginjilan”? Saya yakin Allah cukup besar, berkuasa, dan cukup kasih untuk mencari jalan lain supaya org tadi dapat dibawa kepadaNya tanpa lewat berpacaran dg anakNya. Saya juga menjamin Allah tidak mungkin menentang FirmanNya sendiri dg menyuruh saudara berpacaran dg seseorang yg bukan Kristen. Pada akhirnya saudara hrs memilih, untuk mematuhi Allah dan putus dg dia, atau mengabaikan Allah dan menjadi semakin terlibat dg “kasih baru’ saudara.

Jangan percaya pada kata-kata: Bagaimana mungkin itu salah jika semuanya terasa begitu nyaman? Kalimat ini membuat kita lebih percaya pada perasaan kita daripada Firman Allah, meskipun Firman Allah mengatakan yg berlawanan dg perasaan kita.

Yg terburuk adalah: org yg bukan Kristen juga mempunyai kebutuhan mereka sendiri, tetapi mereka tidak dapat berpaling pada Tuhan utk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka juga tidak memiliki penguasaan diri yg dari Tuhan. Kesimpulannya, saat org Kristen pacaran dg yg bukan Kristen, hasilnya adalah dua orang yg menghabiskan waktu bersama-sama, dan kedua-duanya tidak mempunyai penguasaan diri. Ini adalah awal dari sebuah kehancuran.

 

Jangan bermain-main dg Allah.

Hubungan pacaran antara org Kristen dan yg bukan Kristen tidak berdasarkan cinta sejati. Saudara hrs kembali ke tempat di mana Saudara yakin bahwa Allah mengasihi saudara dan dapat memenuhi kebutuhan saudara. Jangan mencoba menjadi Tuhan bagi diri saudara sendiri. Tunggu saja, Tuhan akan memberikan pada saudara apa yang terbaik bagi saudara pada waktu yg tepat.. Jangan sepelekan nasehat dan perintahNya. Luk 6:46.

 

5.      Membuat keputusan yang benar

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… pasangan saya adalah seorang Kristen yg rohaninya bertumbuh”

Bagian teka teki lainnya adalah: kita hrs berpacaran dg orang Kristen yg mengikuti teladan Allah dalam kehidupan sehari-hari, dan yg kerinduannya untuk semakin bertumbuh menyerupai Yesus Kristus. Pasangan hidup kita harus seseorang yg bertumbuh dalam Kristus, takut akan Allah, sehingga:

a.      bisa mengasihi kita dengan cara Allah

b.      memiliki penguasaan diri 2 Tim 2:22.

c.       membuat kita memusatkan perhatian pada Allah. Pengkotbah 4:9-10a

Carilah pasangan hidup yg mengikuti teladan Kristus/pelaku Firman Yak 1:22, supaya:

a.      standarnya sama

b.      prioritas utamanya sama, yaitu mengenal Dia

c.       tidak penuh kecurigaan.

 

Bagaimana dg Saudara?

Bagaimana kondisi rohani saudara sendiri? Hidup di dalam Kristus tidak mudah, ada bermacam-macam godaan dan beberapa kali kita gagal. Sekarang kita lihat hal-hal apa yg seharusnya kita pikirkan. Baca Filipi 4:8. Salah satu cara menentukan pilihan yg benar ttg pacar saudara adalah dg mengujinya dg Fil 4:8.

Berpikir yg baik berarti memusatkan perhatian kita pada hal2 yg membangun dan sehat.

Berpikir yg benar berarti membandingkan segala yg kita lihat dg cara Allah.

Berpikir yg adil berarti memutuskan utk selalu melakukan yg benar, berapapun harganya.

Berpikir yg suci berarti memperhatikan reputasi org lain lebih dari diri kit a sendiri.

Inilah bukti bahwa Kristus menjadi pusat kendali hdp kita.  Pikiran dg cepat dapat berubah menjadi tindakan.

 

Apakah dia benar-benar jodoh saya?

Jawablah dg jujur. Jangan mengharapkan kesempurnaan, tetapi Allah ingin saudara menetapkan suatu standar, dan pegang standar itu.

·        Apakah calon pacar saya mendengar saya dan menghargai cara pandang saya akan sesuatu?

·        Apakah calon pacar saya mengharapkan hal-hal yg tidak wajar dari saya?

·        Apakah calon pacar saya baik terhadap saya dan peka terhadap perasaan saya?

·        Apakah calon pacar saya mempengaruhi saya utk hdp kudus?

·        Bagaimana hubungan calon pacar saya dg orang tuanya?

·        Apakah calon pacar saya mempunyai keinginan utk lbh mengenal Allah?

·        Pernahkah calon pacar saya berbicara dg saya mengenai masalah-masalah rohani?

·        Apakah calon pacar saya pernah bercerita bagaimana dia ingin saya masuk dlm rencana Allah?

Carilah pacar yg serius ttg hubungannya dg Kristus. Ketika saudara menemukannya, saudara telah maju selangkah dlm menerima kasih yg sejati dari Allah.

 

6.      Apakah engkau bersedia menunggu utk sebuah cinta sejati?

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya bersedia menunggu”

Jarang ada org yg senang menunggu dalam jaman yg serba instant ini. Tetapi sikap bersabar adalah salah satu cara Allah utk mencegah kita mengambil keputussasn yg salah. Tidak ada hubungan cinta yg instant.. tidak ada yg lebih penting dalam hubungan cinta ini selain kesabaran.

 

Jebakan ketidaksabaran

Dlm pernikahan, kasih yg sabar berarti bahwa saudara memilih utk mengasihi dan untuk setia pada pasangan hidup kita tanpa terlalu memperhatikan ketidaksempurnaanny a. Kata memilih utk mengasihi dan setia itu sifatnya aktif, bukan pasif dan menunggu…

Dlm berpacaran, saudara sudah harus mempraktekan kesabaran sejak pertama berjumpa ‘si dia’. Jika tidak saudara akan terperangkap dlm jebakan keterburu-buruan. Cara kerja jebakan ini dimulai dari diri saudara yg membiarkan perasaan saudara terbuai oleh indahnya waktu bersama-sama dg dirinya. Semuanya terasa begitu indah, sampai-sampai saudara kehilangan objektivitas. Sabar sebelum pernikahan berarti membuka mata lebar-lebar dan mengenal kekurangannya, dan benar-benar mempertimbangkannya apakah kita sungguh-sungguh mau berkomitmen untuk hidup selamanya dengan dia. Sabar berarti harus diuji melalui masa-masa sulit.

 

Cinta vs Perasaan

Perasaan tergila-gila adalah salah satu sisi emosional dari cinta, yg berdasar pada sebagian kecil pengenalan  akan seseorang. Perasaan ini bukan cinta sejati krn tidak menghadapi ujian-ujian dan masa sulit. Namun, kita semua mengalaminya. Wajar saja utk menjadi tergila-gila terhadap sesseorang pada permulaaan suatu hubungan. Saudara tidak dapat makan, tidak bisa tidur, selalu terbayang wajahnya. Namun jangan biarkan perassaan ini menguasai saudaraa terus menerus.

Jika kita tergila-gila, perasaan menjadi faktor utama, dasar hubungan itu hanyalah apa yg dirasakan masing-masing pihak terhadap yg lain. Ketika perasaan itu berubah (percayalah, itu pasti berubah), mereka sudah tidak saling mencintai lagi.

Cinta sejati, yg murni, yg dari Allah, melihat dan mau mengakui kekurangan yg ada dlm diri org lain dan kekurangan itu diterima dg lapang hati, dg tidak menghakimi. CInta yg dari Allah menyelidiki diri org lain dg hati-hati. Biarpun awalnya dari perasaan tergila-gila, cinta ini tidak berhenti sampai di sana.

Perasaan tergila-gila yang tidak terkontrol terhadap seseorang :

a.      akan mendesak hubungan yg ada menjadi romantis agar perasaan yg kuat ini tidak hilang

b.      selalu ingin menjadi pusat segala perhatian pasangannya.

c.       mudah merasa terancam, selalu timbul rasa cemburu dan tidak aman

d.      hanya memikirkan ttg apa yg dapat diperoleh dari sebuah hubungan, daripada memikirkan apa yg dapat diberikan untuk mempertahankan keutuhan sebuah hubungan.

e.      tidak ada cinta pada pandangan pertama, yg ada hanya rasa tertarik.

Rasa cinta yg sehat, meliputi beberapa hal:

Rasa aman – rasa percaya bahwa pasangan saudara tidak akan meninggalkan saudara

Rasa diterima – dicintai sebagaimana saudara ada.

Rasa saling tertarik – perasaan intim, biasanya timbul dlm bentuk aktivitas seksual.

Petualangan – suatu keinginan utk mencari dan menikmati sesuatu yg baru bersama-sama, supaya tidak menjadi bosan.

Perasaan di atas krs terus dijaga sampai ikatan perkawinan mengijinkan saudara utk bersama-sama menikmati hal-hal tersebut. Cinta itu seperti sebuah taman. Tumbuh secara perlahan-lahan dan membutuhkan banyak perawatan dan kesabaran. Cinta yg tulus, cinta sejati yg dari Allah membutuhkan banyak waktu. Jadi bersabar saja. Untuk mengetahui karakter sebenarnya dari seseorang adalah suatu proses dan saudara tidak boleh terburu-buru, majulah perlahan-lahan karena waktu ada di pihak saudara.

 

Menunjukan Kasih yang sabar

Kita tidak dapat mengasihi dg kesabaran dg kekuatan sendiri. Kita harus minta tolong padaNya, Yesus adalah contoh dari kesabaran itu… 1 Pet 2:21-23.

Ketika Yesus dipaku di kayu salib utk dosa-dosa kita, orang-orang menghina Dia. Dia sebenarnya dapat saja turun dari salib itu. Dia mempunyai kuasa utk melakukannya. Dia dapat mengambil alih keadaan sekitarNya dan menghancurkan mereka semua seketika itu juga. Tetapi Dia tidak berbuat demikian, Dia memilih untuk mengorbankan hakNya utk membalas, harga diriNya, bahkan nyawaNya sendiri. CintaNya pada Allah dan pada kita sangatlah besar dan penuh kesabaran. Dia memutuskan untuk mengikuti rencana Allah utk menyelamatkan kita, berapa pun harganya. Sebab Dia sepenuhnya percaya bahwa Allah menjagaNya.

Janji yg sama diberikan kepada kita. Dia akan menjaga dan memelihara kita. Ini juga berarti Dia akan menjaga hubungan cinta kita. Pertanyaannya adalah apakah kita mau bersabar menunggu Tuhan melakukan pekerjaanNya. Allah tidak akan mengecewakan saudara.a

 

7.      Cinta dan persahabatan tumbuh bersama-sama

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… teman kencan saya adalah salah seorang dari sahabat saya”

Banyak orang yang terpancang pada “gejala jika tidak, maka” yang dijelaskan seperti ini: “Alasan saya berkencan, untuk menemukan jodoh saya. Saya tidak punya waktu utk sebuah hubungan yg lama jika hubungan itu tidak segera berkembang menjadi hubungan yang tetap. Jika saya atau pasangan saya tidak segera menemukan sesuatu yg khusus, maka saya akan keluar dari hubungan itu.”

Sikap ini menyebabkan hilangnya kesempatan utk bersahabat, yg mungkin dapat terus berlanjut sampai kita menjadi tua. Alkitab menyatakan pentingnya kita memiliki sahabat: Ams 17:17.

Gejala jika tidak, maka ini dapat merampok hubungan persahabatan yg baik. Persahabatan dapat menjadi sesuatu yg berharga, lebih dari yg dapat kita bayangkan. Jika saudara tidak bersedia utk berteman, maka saudara dapat terkena gejala ini.

Dari pada memusatkan seluruh waktumu utk menemukan jodoh, santailah sedikit. Allah mempunyai banyak kesempatan utk saudara. Dia mungkin memakai hubungan persahabatan, supaya saudara belajar mengenal diri saudara sendiri dan lawan jenis saudara, sehingga saudara lebih siap pada saat menemukan pasangan ssaudara nanti. Jika persahabatan lawan jenis saudara berkembang menjadi hubungan asmara, itu menyenangkan. Dan jika berkembang menjadi persahabatan yg lbh dalam, saudara tidak merasa rugi.

Jika saudara mau berusaha agar sahabat-sahabat baru saudara merasa dikasihi dan diperhatikan, suatu hari nanti Tuhan akan mengejutkan saudara dg membuat salah satu sahabat saudara menjadi pacar saudara.

Cinta yang tumbuh melalui persahabatan, timbul dari pengetahuan dan sikap terbuka satu dg lainnya, bukan hawa nafsu belaka.

Allah telah menciptakan kehidupan bersosialisasi sehingga kita semua butuh teman. Namun seringkali kita terburu-buru utk menemukan jodoh kita sehingga melewatkan persahabatan yg berarti. Kita lupa bahwa:

·        Hidup ini tidak mudah, dan kita membutuhkan dukungan dari sahabat-sahabat kita.

·        Sahabat-sahabat kita dapat membantu pertumbuhan rohani kita.

·        Sahabat-sahabat kita dapat menguatkan kita saat kita mengalami masa2 sukar.

Tujuan akhir Allah bagi setiap orang bukanlah utk membantu kita menemukan jodoh, utk berpacaran dan menikah. Ia bertujuan utk membantu kita semakin menyerupai Kristus. Persahabatan adalah salah satu caraNya utk mencapai pertumbuhan rohani. Dg bersahabat kita boleh lebih bertumbuh dalam:

·        Mengenal diri kita sebenarnya

·        Menemukan kelebihan dan kekurangan kita

·        Memahami konsep2 kebaikan dan kemurahan hati. (Ams 27:17)

Pria dan wanita mempunyai cara pandang yg berbeda dan kita dapat belajar banyak dari lawan jenis kita. Misalnya, wanita dapat membantu pria utk lbh sensitif dan kreatif, sedangkan pria dapat membantu wanita utk lbh rasional dan lbh merasa aman. Persahabatan adalah kesempatan dari Allah utk saudara dapat bertumbuh secara emosional, sosial, spiritual. Berpacaran merupakan suatu kesempatan utk menjadi partner Allah dlm memenuhi kebutuhan org lain. Krn itu jangan pisahkan persahabatan dg berpacaran. Jika saudara berpacaran melalui persahabatan, hubungan tsb akan lbh menyenangkan dan lebih sesuai dg kehendak Allah.

 

8.      Berkata jujur satu dengan yang lain

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… pasangan saya dan saya dapat berkata jujur satu dengan yang lain”

Dalam berpacaran, bahan pembicaraan bersifat pribadi, dan komunikasi dapat menjadi lebih sulit. Biarpun begitu, komunikasi yg jujur dan terbuka hrs dikembangkan agar tumbuh suatu hubungan yg baik, kuat dan sehat;;meskipun seringkali kita harus mengorbankan sedikit perasaan kita demi terjalinnya keterbukaan dan kejujuran.

Kebenaran vs ketidakadilan

1 Kor 13:6: “Kasih tidak bersukacita karena ketidakadilan tetapi karena kebenaran.” Di sana terdapat 2 bagian besar. Pertama yg positif, menyatakan kebenaran membuat cinta merasa menyenangkan. Kebenaran berarti hal-hal yg penting ttg kehidupan dan Allah, yg akan membantu ssaudara atau pasangan saudara menjadi seorang Kristen yg lebih baik. Namun kejujuran tidak berarti berbicara sombong, tanpa perasaan dan kasar. Berbicaralah yg jelas, tetapi dg ramah dan selembut mungkin.

Bagian kedua menyatakan ketidakadilan (ketidakjujuran) membuat cinta menjadi tidak senang. Jika kita tidak jujur satu dg yang lain, masalah-masalah besar akan timbul. Kejujuran berarti tidak mengatakan sesuatu (walaupun benar) untuk memanipulasi untuk mendapatkan sesuatu yg kita inginkan. Cinta bertumbuh oleh hal-hal yg nyata, bukan karena fantasi ataupun manipulasi. Tidak akan ada sukacita dalam sebuah hubungan yg penuh dengan kebohongan.

Bagaimana kita tahu bahawa kita tidak takut akan kejujuran dlm hubungan pacaran?

·        Apakah ada kekurangan dalam diri saudara yg sengaja disembunyikan supaya hubungan saudara tetap berlangsung?

·        Apa ada hal-hal lain yg ingin saudara lakukan (pergi dg seseorang, dsb) yg tidak saudara sampaikan pada pasangan saudara, supaya hubungan saudara tetap berlangsung?

·        Adakah hal-hal yg bertentangan saudara segan bicarakan sebab saudara tidak mau berdebat dengannya?

·        Apakah pasangan saudara mempunyai kekurangan yg sebenarnya ingin saudara katakan, tetapi takut dia akan marah dan meninggalkan saudara?

·        Adakah masalah2 dlm hubungan saudara yg takut saudara bicarakan?

Ada 5 buah cara yg negatif tentang penyelesaian masalah dalam suatu hubungan:

·        Menolak utk membicarakan masalahnya.

·        Membuat lelucon pada situasi yg serius.

·        Tidak mau berbicara lagi dengannya.

·        Mencoba dengan berdiam diri.

·        Merencanakan pembalasan di lain waktu.

Kita semua pasti pernah merasa bersalah karena kurang jujur dalam berkomunikasi. Namun tujuan kita seharusnya adalah utk membangun sebuah hubungan yg tidak takut akan kebenaran. Ketika kita dapat dg jujur menyelesaikan perbedaan pendapat dan kesulitan yg ada, biasanya kita akan bertambah dekat dg perasaan kita. Allah tidak takut akan kejujuran, kita juga hrs begitu. Jujur berarti berani berselisih pendapat, tidak takut mengatakan kebenaran, berarti pula menyelesaikan problem dengan terbuka dan niat baik. Namun kita pun harus bijaksana. Jujur juga bukan berarti mengatakan sesuatu saat itu juga. Kadang-kadang kita perlu waktu dan perlu mempersiapkan mental, atau kita perlu menunggu sampai situasi menjadi jernih. There’s a time for anything. Jangan lupa berdoa supaya kita dapat bersikap terbuka dan jujur tetapi tetap lembut.

Jujur juga tidak menjamin hubungan berjalan baik karena bukan itu point utamanya. Tidak semua hubungan berjalan dg baik walaupun kita sudah sejujur mungkin. Namun hubungan yg didasari kebohongan tidak akan bertahan lama. Jika segalanya berakhir, berterimakasihlah kepada Tuhan atas pelajaran yg telah kita dapat.

 

9.      Berkata untuk murah hati dan tidak mementingkan diri sendiri.

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya memperlakukan pasangan saya dengan murah hati dan tidak mementingkan diri sendiri”

Murah hati = tindakan yang selalu memberi (memberi diri sendiri, cinta, perhatian dan ketulusan). Egois          = tindakan yang selalu menerima, “apa yang dapat saya peroleh jika saya memberi ini dan itu kepadamu?”

Dalam berpacaran, seks cenderung berkaitan erat dengan keegoisan. Pasangan yang mementingkan diri sendiri sering menekan pacarnya untuk mau berhubungan seks dgnya.

 

Tanda-tanda ketidak dewasaan

Kekasaran tidak kurang mematikan daripada keegoisan. Daftar berikut  adalah beberapa cara saudara dapat menjadi kasar dalam kencan saudara. Apakah saudara pernah:

·        Menyela pasangan saudara saat dia berbicara?

·        Mengolok-olok kencan saudara dan menyakiti hatinya?

·        Bertindak bodoh atau tolol sekedar utk menarik perhatian?

·        Memalingkan muka atau acuh tak acuh saat pasangan saudara berbicara dengan saudara?

·        Mengumpat ketika marah?

 

Kekasaran  adalah lambang dari ketidakdewasaan, suatu sikap yg ingin selalu menjadi perhatian utama, tidak peduli dalam situasi apapun. Semakin kita dekat dg seseorang semakin besar kesempatan untuk terluka, tetapi bukan berarti kita boleh membalas org yg pernah menyakiti kita. Cinta sejati tidak mendendam tetapi selalu mencari yg terbaik bagi org  yang kita kasihi.

 

Cinta dalam tindakan.

Kasih Allah selalu berkaitan dengan murah hati. (eg. Ef 4:32). Murah hati tidak pasif, tetapi berbuat sesuatu. Murah hati adalah cinta dalam tindakan, selalu menemukan cara utk memberi dan menguatkan. Murah hati didapat dari kerja keras, memikirkan pasangan saudara bukan diri sendiri. Ini berarti komitmen utk melayani pasangan saudara seperti Kristus telah melayani saudara. Galatia 5:13b.

Murah hati contohnya:

·        Menjadi seorang yg sabar mendengarkan.

·        Mencari cara  utk memberikan komentar yg simpatik.

·        Meluangkan sebagian waktu dg orang tuanya.

·        Mempelajari hobi dan kesenangannya.

·        Membuat hari ulangtahunnya menjadi hari yg istimewa.

 

10. Belajar untuk mencintai tanpa syarat..

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya menolak segala keinginan untuk mencoba menjadikan pasangan saya seseorang yg saya kehendaki”

Dalam persahabatan kita bisa begitu dekat karena tidak ada yg memberi persyaratan yg harus dipenuhi, tidak ada yg tertekan utk melakukan sesuatu agar diterima oleh orang lain. Dalam kencan pun harus begitu. Kasih Allah yg menerima kita sebagaimana adanya berbeda dengan perasaan tergila-gila yg ingin mengubah banyak hal. Perubahan hanya dapat terjadi dalam hidup seseorang jika Roh Kudus sendiri yang bekerja. Jika saudara memaksanya utk berubah, pasangan saudara akan merasa tidak aman, terancam dan takut ditolak. Hal itu dapat merusak citra dirinya.

Jika saudara mulai berkencan, tanyalah pada diri sendiri: “Apakah saya menilai orang ini dalam sebuah skala yg saya buat, ataukah saya menerimanya tanpa syarat seperti Allah telah menerima saya?”

Daftar “Gadis/Pria yang sempurna” dapat menghilangkan kesempatan utk bersahabat dan waktu-waktu yg berharga karena kita terlalu dikuasai pikiran utk menemukan pasangan impian kita. Daftar itu pun dapat berubah sejalan dengan kedewasaan kita. Org yg tepat utk saat ini belum tentu masih terlihat menarik di kemudian hari. Tuhan lebih mengerti saudara daripada diri saudara sendiri. Biarlah Tuhan yg menyimpan daftar itu!

Ketika kita mencintai tanpa syarat, kita menunjukkan bahwa dia tidak perlu merasa takut utk ditolak. Hal ini akan membawa damai dan kebebasan dalam hubungan saudara. Baca 1 Yoh 4:18-19.

Allah selalu sabar thd kelemahan2 kita, tidak mengingat kesalahan kita, mengampuni dan melupakannya. Jika saudara merasa jatuh cinta dengan seseorang tanyalah pada diri sendiri: “Dapatkah saya hidup bersama-sama dengan org ini, sebagaimana dia ada sekaraang ini, untuk seumur hidupku?”

Cinta sejati tidak pernah mengandung ketakutan bahwa saudara hrs “melakukan” sesuatu tiap hari, kalau tidak… (kasih….kalau… ). Hubungan yg berhasil, penuh kasih, selalu berdasar pada kasih Allah yg tanpa syarat dan adanya rasa penerimaan.

 

 

11. Menolong pasangan saudara hidup bagi Kristus

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya dengan jujur berusaha mendorong pasangan saya  utk bertumbuh seperti Kristus”

Mencintai tanpa syarat, menerima seseorang sebagaimana adanya, tidak berusaha mengubah mereka menjadi seseorang yg kita ingini, bukan berarti bahwa kita tidak perlu bertumbuh dan berubah. Selalu ada tempat utk menjadi lebih baik dalam hdp kita. Ibr 3:13.

Fokus dari hubungan saudara haruslah Allah sendiri karena tujuan berpacaran adalah mencintai Allah dan makin seperti Kristus. Karenanya kita harus mendorong pertumbuhan rohani pasangan kita, membawa dia mendekat kepada Allah. Caranya bermacam-macam, misalnya: menanyakan kehidupan rohaninya, PA bersama, menghafalkan ayat, berdoa bersama, bersaksi ttg iman saudara, melayani bersama, membaca buku rohani bersama-sama, dsb.

Di bawah ini beberapa pertanyaan untuk direnungkan:

·        Apakah yg sudah dilakukan bersama utk menumbuhkan rohani saudara berdua?

·        Seringkah membicarakan hal rohani saat berdua?

·        Apa tindakan terakhir yg telah saudara perbuat untuk menolongnya hidup bagi Kristus?

Memikirkan cara utk membantu satu sama lain bertumbuh merupakan bagian penting dalam suatu hubungan yg sehat. Hal ini menuntut kerja keras, disiplin dan semangat yg cukup.

 

Hati yang saleh.

Cinta sejati menuntut  agar saudara mencari seorang Kristen yg sungguh-sungguh, dapat menolong saudara sendiri utk bersungguh-sungguh dalam Tuhan. Dengan demikian, keinginan saudara yg terdalam (yaitu mencintai dan menyembah Tuhan) dapat terpenuhi. Saudara perlu tertarik oleh penampilan fisiknya, tetapi jangan sampai membuat apa yg di hati saudara menjadi tidak penting.

1 Samuel 16:6-7 menjadi contoh betapa pentingnya sebuah hati yg saleh. Kualitas terpenting yg dapat dimiliki seseorang adalah hati yang dekat dengan Allah..

 

12. Menghindari kecemburuan

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya tidak cemburu dan ingin memiliki pasangan saya”

Alkitab tidak pernah salah. Bacalah Yakobus 3:16. Jika saudara menjadi cemburu dan ingin memiliki, masalah akan timbul, dan penyebabnya adalah saudara sendiri.

Kecemburuan adalah emosi yg negatif, suatu bentuk dari keegoisan. Ketika kita cemburu, kita ingin menjadi pusat perhatian pasangan kita setiap saat. Ketika saudara mengungkapkan kecemburuan itu dg mencegahnya melakukan hal-hal yg tidak dilakukannya dg saudara, maka ini disebut ingin memiliki. Saudara ingin pasangan saudara hanya untuk saudara saja, waktunya, dirinya, semuanya, dan tidak boleh sedikitpun untuk orang lain.

Rasa cemburu adalah seperti ilalang, semakin besar ia tumbuh semakin dia menutupi cinta yg sejati. 1 Kor 13:4 menjelaskan perbedaan antara cinta dan kecemburuan. Kecemburuan bukanlah cinta sejati melainkan perasaan tergila-gila. Seseorang tidak berhak untuk memutuskan hubungan pacarnya dengan orang lain. Hal ini akan membuat mereka jauh dari aktivitasnya dan dari orang-orang yang mungkin akan dapat membuat mereka bertumbuh menjadi lebih dewasa.

Saat saudara mulai merasa cemburu, berhentilah sejenak dan mengingat bahwa saudara ssendiri yg memutuskan utk merasa cemburu atau tidak. Pikirkan juga bahwa dalam kecemburuan, tidak ada pihak yg menang. Ini kekanak-kanakan, mementingkan diri sendiri dan akan merusak hubungan saudara.

Cinta yg sejati, kasih dari Allah, tidak cemburu. Cinta sejati berkata: “Aku sangat mengasihi kamu, sehingga aku memberikan padamu kebebasan sepenuhnya untuk menjadi apa yang Allah kehendaki. Aku ingin kamu membuat keputusan yang terbaik untuk dirimu, tidak peduli bagaimana hal itu akan bberpengaruh padaku, atau pada hubungan kita.” Hal ini akan memperkuat rasa hormat dan rasa persahabatan di antara saudara berdua.

Pacar saudara bukanlah milik saudara, sekarang ataupun selamanya dia adalah milik Allah. Yak 1:16-17..

Hubungan kita adalah anugerah Allah. Allah benci jika kita cemburu dan merasa memiliki hak atas anugerah itu. Alasannya adalah:

a.      rasa cemburu berarti bukannya bersyukur kita malah mau merampas pemberian Allah untuk kita sendiri. “Aku berhak atasnya, jadi jangan coba-coba mengambilnya dari tanganku!”

b.      kecemburuan membahayakan dan merusak kesempatan kita untuk melayani dan membantu orang lain bertumbuh dalam Kristus. Jika kita mulai cemburu, kita berhenti melayani dan mulai melayani diri kita sendiri. Bukannya membantu pasangan  saudara menjadi yg terbaik dalam Kristus. Fil 2:3-4

c.       kecemburuan mengalihkan perhatian kita dari Allah dan sahabat-sahabat kepada diri sendiri terus menerus. Kecemburuan dapat membuat saudara curiga pada setiap orang. Pada akhirnya, saudara sendiri yang akan terluka. Ams. 14:30.

 

13. Mentaati nasehat Allah mengenai seks.

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya menaati nasehat Allah tentang seks”

Alkitab tidak pernah ragu-ragu dalam masalah seks ini. Alkitab memberikan perintah yg jelas untuk melindungi ita, untuk kebaikan kita tidak untuk kehancuran kita.. Menuruti perintah itu akan membawa sukacita, kegembiraan dan rasa cinta yg tidak dapat saudara bayangkan.

Dorongan seks kita memang dibuat kuat oleh Allah. Mengalami gairah bukanlah dosa. Kuncinya adalah membuatnya terkendali sampai waktu yg tepat. Alkitab juga menjelaskan bahwa Allah menciptakan seks lebih dari sekedar utk mempunyai anak, tapi juga untuk tujuan kesenangan. Ams 5:18-20. 1 Kor 7:2-5. Ini adalah hadiah perkawinan yg besar dari Allah langsung untuk kita.

Bagaimanapun juga, seks di luar pernikahan bukan hadiah Allah sama sekali, itu tipu daya Iblis.

 

14. Kuasa yang menghancurkan dari hubungan seks sebelum pernikahan.

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… pacar saya dan saya benar-benar mengerti kuasa yang menghancurkan dari seks di luar pernikahan”

Kekuatan dari seks dapat membuat seseorang merasa dicintai, diterima, aman dan merasa dekat dengan pasangannya namun sifatnya hanya sementara saja. Seks tidak dapat menggantikan cinta!

Perintah Allah tentang kemurnian seksual adalah untuk melindungi kita dari rasa ketagihan yang ditimbulkan seks. 1 Tes 4:3-5. Ef 5:3. Bacalah 2 Samuel 13:14-15, 17-18, betapa cepat dan drastis perubahan yg terjadi. Setelah Amnon melampiaskan hawa nafsunya untuk beberapa saat, dia merasa cintanya tiba-tiba berubah menjadi kebencian.

Ada cara yg kudus dan ada cara yg berdosa untuk menangani masalah seksualitas, tergantung dari banyaknya godaan yg kita biarkan untuk terjadi di depan mata kita. Kuncinya adalah penguasaan diri demi rasa cinta dan takut akan Tuhan.

 

 

 

15. Menetapkan standar seksual.

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… kami sepakat, dengan petunjuk Allah, seberapa jauh kami akan bertindak secara seksual dalam hubungan kami”

Kedua belah pihaka harus membuat sebuah kesepakatan yg berdasar pada prinsip Allah. Setiap orang punya kesensitifan yang berbeda, kita harus yakin bahwa pacaran kita dari segi fisik tetap memuliakan Allah dan melindungi satu sama lain.

Prinsip-prinsip untuk memelihara hubungan yang kudus secara seksual:

1.      Berkencan hanya dengan orang Kristen.

Hampir tak mungkin membuat standar seksual yang kudus dengan yang bukan Kristen karena ia tidak melihat hubungan saudara dari sudut pandang Allah.

2.      Berkencan hanya dengan orang Kristen yang mempunyai pengaruh rohani yang baik bagi saya.

Jika mereka tidak mematuhi Allah dalam hidup sehari-hari, mereka juga tidak akan menaati Allah dalam seksualitas.

3.      Penguasaan diri.

Godaan bereksperimen dg seks itu sangat kuat. Yesus juga pernah mengalami godaan tapi tidak berbuat dosa. Mat 4:1-3. Tuntutan fisik yg lebih besar dari seks ialah rasa lapar, dan Yesus telah menang dari cobaan itu dengan berpegang pada Firman Tuhan.Ia tetap berpegang pada janji Allah bahwa Allah sanggup memenuhi segala kebutuhannya. Yesus tidak memenuhi kebutuhanNya sendiri dan melupakan Allah, Ia mengatakan kepada Setan bahwa Bapa  sudah menyediakan bagiNya. Allah ingin saudara juga bersaandar kepadaNya untuk memberi saudara penguasaan diri untuk menghindar dari cobaan Iblis.

4.      Sentuhan yang egois.

Jika seseorang menyentuh pasangannya dengan cara yang membangkitkan nafsu berahinya, ia telah bertindak terlalu jauh dan egois.

5.      Seks mengontrol kencan.

1 Kor 6:12. Allah ingin hidup kita dikontrol olehNya sendiri. Tanyakan pada diri sendiri: “Jika kita mengambil seluruh tindakan fisik ini, apakah masih ada hal-hal yg dapat mempertahankan hubungan itu?”

6.      Seks mengontrol pikiranku.

Kol 3:5. Jika apa yang saudara lakukan pada saat kencan dpt membuat saudara berfantasi tentang aktivitas2 seksual, saudara sudah berbuat terlalu jauh.

7.      Apakah ini membuat saya salah jalan?

Segala macam aktivitas seksual dapat membuat pasangan saudara terpedaya dan percaya bahwa saudara lebih serius dan berkomitmen kepadanya daripada yang sebenarnya (dusta). Ef. 4:25.

8.      Menjaga pasangan saudara di masa depan.

Sekarang ini mungkin saudara belum menemukan jodoh saudara. Mungkin jodoh saudara berkencan dg orang lain. Pikirkanlah seberapa jauh saudara ingin jodoh saudara bertindak secara fisik dalam kencannya saat ini?

9.      Memori yang indah.

Fil 1:13 Paulus mengatakan : “Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu.” Dapatkan saudara berkata begitu kepada orang yang dahulunya saudara kencani? Dapatkah mereka juga berkata begitu kepada saudara? Jika dalam kencan saudara tidak berbuat terlalu jauh, ketika hubungan itu selesai, saudara selalu dapat mempunyai hati nurani yang berssih, mengingat saudara telah memperlakukan mereka dengan jujur dan sopan, seperti perintah Allah.

 

Supaya semuanya dapat terlaksana, saudara berdua harus membuat standar tersebut sebelum terjadi ciuman selamat malam pertama.

 

16. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi kudus secara seksual.

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya berkomitmen untuk mematuhi perintah Allah tentang cinta dan seks, meskipun saya pernah gagal”

Beberapa dari saudara mungkin sudah berbuat kesalahan dalam seks, sudah berbuat terlalu jauh dan sekarang sadar. Saudara belum terlambat untuk meminta ampun kepada Allah. Tidak pernah terlambat untuk mengampuni saudara sendiri.

Maz 51:3-6, 9, 12, 18-19 menceritakan mazmur Daud setelah sadar dari dosanya dengan Batsyeba. Setelah melakukan hubungan seks dengan istri orang, Batsyeba hamil dan Daud membuat suaminya mati agar tak seorang pun tahu bahwa dia adalah ayah dari anak dalam kandungan itu. Apapun dosa seksual yang saudara perbuat, mungkin tidak seberat dosa raja Daud. Walaupun demikian, dia tetap datang di kaki Allah dan mohon ampun, Allah mengampuni dia. Jika kita berdosa, Allah ikut bersedih bersama kita, Dia ikut terluka, dan Dia ingin kita meminta pengampunan dari Nya. Yer 31:34b. dan Ia akan melupakan sepenuhnya dosa kita. Luar biasa kasihNya kepada kita!

Satu hal lagi, jika saudara telah bertobat dan Dia telah mengampuni saudara, ampunilah diri sendiri. Setan selalu menjadi pendakwa yang terus menekan saudara dengan rasa bersalah. Saudara harus percaya bahwa Tuhan telah mengampuni dan melupakan seluruh dosa saudara SELAMANYA!! Di mataNya saudara terlihat sebagai perawan yang murni dan suci, yang dikasihiNya. Dan saudara mempunyai masa depan yang cerah, sebab Allah sendiri yang merencanakannya.

 

17. Cinta adalah sesuatu yang layak untuk ditunggu.

“Saya tahu saya membina hubungan cinta sesuai dengan kehendak Allah apabila… saya bersedia menanti waktu Allah untuk memberikan jodoh saya.”

Hampir semua orang pernah merasa yakin bahwa dia tidak yakin akan dapat mempunyai pacar. Allah mengerti hal ini juga dan Dia punya segala cara untuk membantu saudara memenuhi kebutuhan untuk dicintai.

 

Mengapa sampai sekarang saya belum punya pacar?

Allah tahu dengan tepat apa yang saudara butuhkan dan apa yang tidak saudara butuhkan. Mari kita lihat beberapa alasan  yang masuk akal, mengapa sekarang ini masih bukan waktu yang tepat untuk mempunyai pacar.

a.      Allah ingin saudara untuk lebih bergantung padaNya.

Mempunyai pacar bukan berarti saudara akan senang seterusnya. Alasan perceraian terbesar adalah karena pasangan itu berpikir bahwa setelah menikah mereka dapat memenuhi kebutuhan masing-masing. SALAH BESAR!

Allah ingin kita tetap memegang komitmen cinta kita dan membangun rumah tangga kita dan memelihara keluarga kita. Tetapi Dia ingin kita memahami, bahwa tidak peduli berapapun besarnya kita mencintai suami/isteri kita nantinya, hanya Dia yang dapat memenuhi kebutuhan kita akan kasih dan rasa diterima. Maz 37:4.

Hei, pacaran dapat saja berakhir, tapi kasih Allah pada saudara tidak akan pernah berakhir. Dia tidak akan pernah mengecewakan saudara.

b.      Allah ingin saudara mengenal Dia lebih dalam.

Mat 6:33. Dia tidak mengatakan “Carilah dahulu pacar yang baik” atau “carilah dahulu rasa dicintai.” Tuhan ingin kita meluangkan waktu untuk mempelajari hal-hal yang menyenangkan hatiNya, dan melakukannya. Dan Dia akan menambahkan segalanya yang kita butuhkan.

c.       Allah ingin saudara belajar menjadi seorang hamba.

Berpacaran membutuhkan lebih banyak memberi daripada menerima. Allah ingin saudara belajar menjadi seorang hamba sebelum hubungan penting itu datang. Mat 20:26-28.

Tuhan ingin kita bergaul dengan banyak orang, termasuk dengan lawan jenis. Dia tidak ingin persahabatan ini didasari oleh hubungan romantis. Dia ingin semuanya itu didasari oleh pelayanan. Daripada merasa tertekan karena belum punya pacar, cobalah melihat orang lain dengan cara pandang Yesus. Dia melihat semua orang itu istimewa dan Dia ingin saudara memiliki kesenangan dalam memberi.

 

Sekarang Saudara Tahu…

Tidak peduli berapa lama, jangan salah dengan berpikir bahwa Allah melupakan saudara. Tuhan mungkin terasa lama – tetapi waktuNya selalu tepat! Sukar untuk sabar, tetapi lebih sukar lagi untuk mempertahankan sebuah hubungan yang saudara belum siap.

Tuhan tidak selalu memberikan apa yang kita suka, tetapi kita pasti suka dengan apa yang diberiNya. Dan Dia akan memberikan kita kehidupan cinta yang sempurna. Dan saya berjanji pada saudara, ketika saudara tahu bahwa saudara benar-benar jatuh cinta, saudara benar-benar telah membuktikan bahwa cinta itu memang layak untuk ditunggu!

Unknown Source. Just for reference.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: